Breaking News

Pages

Friday, December 9, 2016

Sejarah Futsal

Futsal

 Futsal

atau futsala, adalah variasi dari sepak bola yang dimainkan di lapangan kecil dan terutama lapangan dalam ruangan. Hal ini dapat dianggap sebagai sepak bola mini.

Futsal dimainkan antara dua tim, di mana ada lima pemain di setiap tim nya yang bertujuan memasukkan bola ke gawang lawan, satu di antaranya adalah sebagai kiper. Pergantian pemain tidak terbatas dalam futsal, mau sampai 200 kali pergantian pemain pun tidak masalah. Tidak seperti sepak bola, permainan futsal ini dimainkan di permukaan lapangan yang keras dan dibatasi oleh garis. Futsal juga dimainkan dengan bola kecil dengan ukuran kurang dari sepak bola biasa karena disebabkan permukaan lapangan yang keras. Bola dan aturan dalam futsal ini dibuat dari improvisasi peraturan sepak bola. Kreativitas, dan teknik serta kontrol bola dan melewati lawan harus dilakukan dalam sisi yang sangat sempit

Futsal pertama kali dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika bagian Selatan, terutama di Brasil. Keterampilan yang dikembangkan dalam permainan futsal ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Timnas sepak bola Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran besar. Pele, bintang Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya sepak bolanya dari futsal.
Hanif Maul